Pisau, semakin diasah semakin tajam
Jika dibiarkan akan tumpul dan tak berguna
Angin pagi membuat udara dingin menusuk tulang. Sehingga beberapa siswa ada yang memakai jaket untuk menghangatkan tubuhnya. Namun mereka tetap semangat menimba ilmu. Seperti biasa, jam pertama setelah baris di kelas belajar tilawati. Tilawati merupakan salah satu metode membaca Al-Quran yang diterapkan di Madrasah Pembangunan UIN Ciputat. Satu per satu langkah kaki mereka terdengar memasuki ruang kelas. Karena kelompoknya dibagi-bagi sesuai tingkatan mengajinya, maka saya diamanahkan membina jilid 4 di kelas 3.
Hari Senin, hari dimana anak-anak tidak bertatap muka dengan saya untuk membaca tilawati. Sudahlah libur, di rumahpun tidak dibaca. Alhasil bacaannya menjadi kacau, banyak hukum tajwud yang ditabraknya.
“Kalian tahu pisau?” tanya saya.
“TAHUUUUU” serentak semua menjawab.
“Pisau itu tajam, bisa digunakan untuk memotong sayuran. Tapi apa yang terjadi jika pisau itu tumpul?” saya bertanya lagi.
“ Tidak bisa digunakan Bu”, jawab siswa berpeci.
“ Ya. Betul. Maka untuk menajamkannya kembali, kita harus mengasahnya di atas batu asahan.”
“Begitupun mengaji. Sudah lancar mengaji bukan berarti merasa tidak perlu belajar lagi. Justru dengan kita terus berlatih membaca Al-Quran, maka kemampuan kita akan bertambah. Apa yang kita baca dan pelajari setiap hari dapat tersimpan dalam memori”. Saya menjelaskan dengan perlahan tapi tegas.
“Bu, memorinya harganya berapa?” celetuk salah seorang siswa.
Tersenyum saya mendengarnya, “Nak, kita diberikan memori sama Allah sejak lahir dengan GRATIS”
Semuanya terperangah mendengar jawabannya.
Ya begitulah mendidik anak-anak untuk terus mau membaca Al-Quran dengan tartil. Senantiasa memotivasinya agar semangat itu terus tumbuh dan berkembang.
Jarum jam menunjukkan pukul 08.05. Saatnya pergantian jam pelajaran. Para generasi sholih dan sholeha membaca doa selesai mengaji dan ditutup dengan salam. Tak lupa tugas di rumah yaitu membaca halaman yang hari ini dibaca dan yang akan dibaca esok hari.
#Tugas 2 KMO#batch 1
Jika dibiarkan akan tumpul dan tak berguna
Angin pagi membuat udara dingin menusuk tulang. Sehingga beberapa siswa ada yang memakai jaket untuk menghangatkan tubuhnya. Namun mereka tetap semangat menimba ilmu. Seperti biasa, jam pertama setelah baris di kelas belajar tilawati. Tilawati merupakan salah satu metode membaca Al-Quran yang diterapkan di Madrasah Pembangunan UIN Ciputat. Satu per satu langkah kaki mereka terdengar memasuki ruang kelas. Karena kelompoknya dibagi-bagi sesuai tingkatan mengajinya, maka saya diamanahkan membina jilid 4 di kelas 3.
Hari Senin, hari dimana anak-anak tidak bertatap muka dengan saya untuk membaca tilawati. Sudahlah libur, di rumahpun tidak dibaca. Alhasil bacaannya menjadi kacau, banyak hukum tajwud yang ditabraknya.
“Kalian tahu pisau?” tanya saya.
“TAHUUUUU” serentak semua menjawab.
“Pisau itu tajam, bisa digunakan untuk memotong sayuran. Tapi apa yang terjadi jika pisau itu tumpul?” saya bertanya lagi.
“ Tidak bisa digunakan Bu”, jawab siswa berpeci.
“ Ya. Betul. Maka untuk menajamkannya kembali, kita harus mengasahnya di atas batu asahan.”
“Begitupun mengaji. Sudah lancar mengaji bukan berarti merasa tidak perlu belajar lagi. Justru dengan kita terus berlatih membaca Al-Quran, maka kemampuan kita akan bertambah. Apa yang kita baca dan pelajari setiap hari dapat tersimpan dalam memori”. Saya menjelaskan dengan perlahan tapi tegas.
“Bu, memorinya harganya berapa?” celetuk salah seorang siswa.
Tersenyum saya mendengarnya, “Nak, kita diberikan memori sama Allah sejak lahir dengan GRATIS”
Semuanya terperangah mendengar jawabannya.
Ya begitulah mendidik anak-anak untuk terus mau membaca Al-Quran dengan tartil. Senantiasa memotivasinya agar semangat itu terus tumbuh dan berkembang.
Jarum jam menunjukkan pukul 08.05. Saatnya pergantian jam pelajaran. Para generasi sholih dan sholeha membaca doa selesai mengaji dan ditutup dengan salam. Tak lupa tugas di rumah yaitu membaca halaman yang hari ini dibaca dan yang akan dibaca esok hari.
#Tugas 2 KMO#batch 1
Komentar